PROFIL PUSKESMAS MANYARAN



Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Salah satu puskesmas yang berada di wilayah kota semarang adalah puskesmas Manyaran. Puskesmas Manyaran terletak di Kelurahan Kembangarum Kecamatan Semarang Barat di tepi jalan Raya Abdul Rahman Saleh No. 267 yang menghubungkan Kecamatan Semarang Barat dengan Kecamatan Ngaliyan.

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut merupakan salah satu dari jenis layanan di UPT Puskesmas Manyaran yang memberikan pelayanan dalam gedungdan luar Gedung.  Pelayanan dalam Gedung berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut , pengobatan dan pemberian tindakan medis dasar kesehatan gigi dan mulut seperti penambalan gigi, pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi. Selain itu juga dilakukan penyuluhan atau edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian dari menjaga kesehatan pribadi.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, maka dilakukan kegiatan di luar gedung seperti:

  • Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut siswa sekolah (TK,SD,SMP,SMA)
  • Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut untuk warga dan masyarakat
  • Penjaringan Kesehatan berupa pemeriksaan Gigi dan Mulut siswa sekolah (TK,SD,SMP,SMA)
  • Pembinaan dan Bimbingan Sikat Gigi Bersama siswa SD / MI
  • Pelatihan Dokter Gigi Kecil

Tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di UPT Puskesmas Manyaran terdiri dari 1 orang dokter gigi dan 2 orang perawat gigi yang semuanya telah memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta pemberian tindakan medis dasar gigi.

Sarana dan Prasarana

Ruang Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UPT Puskesmas Manyaran memiliki sarana yang cukup lengkap dalam menunjang pemberian pelayanan kesehatan gigi dan mulut dasar dan spesialistik tingkat pertama, antara lain:

  • 1 dental unit
  • Light Cure Composite
  • Ultrasonic Scaler
  • Alat pemeriksaan kesehatan dasar yang lengkap dengan jumlah yang cukup.
  • Sterilisator Alat
  • Peralatan untuk mendukung tindakan pencabutan gigi

Dalam menjalankan fungsinya Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UPT Puskesmas Manyaran bekerjasama dengan seluruh unit pelayanan kesehatan lainnya yang terdapat di Puskesmas Manyaran, seperti Pelayanan Pemeriksaan Umum , Pelayanan KIA, Pelayanan Gizi, Pelayanan Kefarmasian / Obat, Pelayanan Laboratorium dan Pelayanan Promosi Kesehatan.

     Puskesmas Manyaran mempunyai Puskesmas Pembantu yaitu Pustu Panjangan yang terletak di Kelurahan Manyaran. Puskesmas Manyaran maupun Pustu hanya melayani kegiatan Rawat Jalan. Puskesmas Manyaran mempunyai 3 Kelurahan binaan yaitu :

  1. Kelurahan Kembangarum (Kode 01)
  2. Kelurahan Krapyak (Kode 02)
  3. Kelurahan Manyaran (Kode 03)

Luas Wilayah

Luas binaan wilayah Puskesmas Manyaran yaitu 448,204 ha, dengan masing-masing kelurahan :

  1. Kelurahan Kembangarum           179,204 ha
  2. Kelurahan Krapyak                     119,000 ha
  3. Kelurahan Manyaran                   150,000 ha

Dengan batas-batas wilayah :

  1. Sebelah Utara Kelurahan Ngemplak Simongan, Tambak harjo.
  2. Sebelah Timur Kelurahan Kalibanteng Kidul
  3. Sebelah Selatan Kecamatan Ngaliyan
  4. Sebelah Barat Kecamatan Tugu

Geografis

Wilayah binaan puskesmas terdiri dari tanah dataran rendah yang berbukit-bukit ( Manyaran dan Kembangarum )  serta dataran rendah yang ketinggiannya ± 19 m dari permukaan laut  ( Krapyak ).

 Peta wilayah puskesmas manyaran



Komentar