PENYEBAB GINGIVITIS SAAT HAMIL

 

PENYEBAB GINGIVITIS SAAT HAMIL



Pada masa kehamilan biasanya ibu mengalami banyak perubahan tubuh, tak terkecuali bengkak pada gusi. Pembengkakan pada gusi saat hamil biasa disebut Gingivitis Kehamilan atau pregnancy gingivitis. Pregnancy gingivitis yaitu respons inflamasi berlebih dari gingiva terhadap dental plak dan perubahan hormon yang biasa terjadi pada masa kehamilan. Gingivitis saat kehamilan disebut juga pembengkakan pada gingiva di seluruh rongga mulut dengan mempunyai tanda-tanda klinis berupa pembengkakan dan warna gingiva terlihat lebih merah dari biasanya.

Gingivitis tidak boleh diremehkan selama kehamilan. Kondisi seperti ini jika tidak ditangani dengan baik akan memperburuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan, fatalnya akan mengancam nyawa janin. Bayi dapat terlahir prematur, berat badan bayi rendah, dan yang paling parah mengalami keguguran.

Penyebab gingivitis saat hamil

1.      Peningkatan hormon

Gingivitis kehamilan disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat drastis, 10 kali lebih tinggi dari biasanya. Hal ini dapat membuat bakteri lebih mudah berkembang biak di dalam mulut dan mengakibatkan peradangan gusi.

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kadar asam di dalam rongga mulut. Ketika wanita hamil mengalami mual dan muntah maka dapat mengakibatkan paparan asam lambung pada gigi dan gingiva. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada gingiva

Kadar pH air liur selama hamil juga dapat menjadi penyebabnya, karena lebih asam dan bila tidak dijaga dengan baik kebersihan mulutnya akan membuat kuman penyakit berkembang.

2.      Kekebalan tubuh menurun

Saat hamil, tubuh menjadi lebih sensitif pada hal-hal yang menimbulkan iritasi. Salah satunya adalah iritasi pada gusi dan area kesehatan mulut.

Faktor iritasi lokal tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari rangsangan lunak, plak bakteri, sisa-sisa makanan, hingga gigi yang rentan sakit karena permukaan akar gigi tidak kuat. Saat hamil, reaksi tubuh lebih lemah melawan bakteri penyebab radang gusi ini.

3.      Kurangnya kebersihan mulut

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan terhadap penyakit gigi dan mulut karena mempunyai pengetahuan yang kurang menunjang terhadap kesehatan gigi dan mulut pada masa kehamilan karena terjadi perubahan pada tubuh. Belum semua ibu hamil mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menyikat gigi dengan teratur dengan cara yang benar, sebagai akibatnya jaringan gusi mudah terserang infeksi.

Kurangnya pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut disebabkan perilaku ibu hamil kemungkinan disebabkan oleh sikap dan perilaku ibu hamil yang kurang peka dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Ciri-ciri mengalami gingivitis saat hamil

Gingivitis kehamilan terjadi selama kehamilan karena tingkat tinggi estrogen dan progesteron, yang dapat menyebabkan gingivitis, biasanya dimulai pada bulan ke dua dan ke tiga saat kehamilan. Keadaan ini terus meningkat seiring dengan kehamilannya, kemudian menurun pada bulan akhir kehamilan seiring dengan menurunnya kadar estrogen dan progesteron

·         Berwarna kemerahan dan terlihat lebih gelap dari biasanya

·         Gusi bengkak

·         Gusi mudah berdarah khususnya saat tersentuh sikat gigi atau benang gigi (flossing)

·         Mengeluarkan bau yang tidak sedap atau bau mulut

·         Gusi menyusut

·         Terlihat lembek

·         Menimbulkan rasa nyeri saat mengunyah makanan

·         Mulut terasa kering

 

Cara mencegah terjadinya gingivitis

Adapun pencegahan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar terhindar dari penyakit gigi dan mulut selama masa kehamilan, yaitu:

·         Bila ibu hamil mengalami muntah-muntah, segera bersihkan mulut dengan kumur-kumur dan menyikat gigi 1 jam setelah muntah.

·         Mengatur pola makan sesuai pedoman gizi seimbang atau angka kecukupan gizi dan membatasi makanan yang mengandung gula.

·         Menyikat gigi secara teratur, yaitu 2 kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

·         Memeriksakan keadaan rongga mulut secara teratur ke dokter gigi


Referensi

https://www.orami.co.id/magazine/gingivitis-saat-hamil

https://mamaschoice.id/article/gingivitis-adalah/

https://www.alomedika.com/perawatan-gigi-dan-mulut-pada-ibu-hamil

 


Komentar